CONTOH PROPOSAL IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013
  https://artikelgurupintar.blogspot.com//search?q=proposal-inflementasi-kurikulum-2013
  BAB I
  PENDAHULUAN
  A.    Latar Belakang 
  Pelaksanaan penyusunan kurikulum 2013 ialah bab dari melanjutkan pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) yang telah dirintis pada tahun 2004 dengan meliputi kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara terpadu, sebagaimana amanat UU 20 tahun 2003 ihwal Sistem Pendidikan Nasional pada klarifikasi pasal 35, di mana kompetensi lulusan merupakan kualifikasi kemampuan lulusan yang meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan sesuai dengan standar nasional yang telah disepakati. Paparan ini merupakan bab dari uji publik Kurikulum 2013, yang dibutuhkan sanggup menjaring pendapat dan masukan dari masyarakat.
  Inti dari Kurikulum 2013, ialah ada pada upaya penyederhanaan, dan tematik-integratif. Kurikulum 2013 disiapkan untuk mencetak generasi yang siap di dalam menghadapi masa depan. Karena itu kurikulum disusun untuk mengantisipasi perkembangan masa depan. Titik beratnya, bertujuan untuk mendorong penerima didik atau siswa, bisa lebih baik dalam melaksanakan observasi, bertanya, bernalar, dan mengkomunikasikan (mempresentasikan), apa yang mereka peroleh atau mereka ketahui sesudah mendapatkan materi pembelajaran. Adapun obyek yang menjadi pembelajaran dalam penataan dan penyempurnaan kurikulum 2013 menekankan pada fenomena alam, sosial, seni, dan budaya.
  Melalui pendekatan itu dibutuhkan siswa kita mempunyai kompetensi sikap, ketrampilan, dan pengetahuan jauh lebih baik. Mereka akan lebih kreatif, inovatif, dan lebih produktif, sehingga nantinya mereka bisa sukses dalam menghadapi banyak sekali masalah dan tantangan di zamannya, memasuki masa depan yang lebih baik
  B.     Dasar Hukum
  1.      Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 ihwal Sistem Pendidikan Nasional.
  2.      Undang-undang Nomor 32 tahun 2004 ihwal Otonomi Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota.
  3.      Und.ang-undang Nomor 14 tahun 2005 ihwal Guru dan Dosen. 
  4.      Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 ihwal Guru dan Dosen. 
  5.     Peraturan Pemerintah Nomor 25 tahun 2000 ihwal Kewenangan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota sebagai Daerah Otonom. 
  6.      Peraturan Pemerintah Nomor 74 tahun 2008 ihwal Guru 
  7.   Keputusan menteri Pendidikan Nasional Nomor 1 29a/U/2004 ihwal Standar Pelayanan Minimal Bidang Pendidikan
  C.    Tujuan
  Tujuan dari kegiatan ini ialah terlaksananya pembinaan Implementasi Kuriulum 2013 ialah :
  1.   Menumbuhkan dan meningkatkan kemampuan, minat, inovasi, dan kreativitas para guru dalam KKG dengan menerapkan kurikulum 2013  untuk meningkatkan kompetensi dan kinerja profesionalnya. 
  2.  Meningkatkan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran yang terarah  untuk peningkatan profesionalisme secara berkelanjutan. 
  3.      Membuka wawasan ihwal kurikulum 2013 yang ketika ini masih dianggap tabu
  4.      Menerapkan kurikulum 2013 di lingkungan Gugus V Kecamatan Munjul
  D.    Sasaran
  Sasaran dari penggunaan dan pemanfaatan implementasi Kurikulum ini ialah :
  1.        20  guru sebagai perwakilan dari 5 sekolah di lingkungan gugus V kecamatan Munjul 
  2.        Seluruh anggota KKG yang akan diikutsertakan dalam kegiatan Desiminasi Inplementasi kurikulum
  E.     Hasil yang Diharapkan 
  1.     Tumbuhnya dan meningkatnya kemampuan, minat, inovasi, dan kreativitas para guru dalam KKG dengan menerapkan Kurikulum 2013 untuk  meningkatkan kompetensi dan kinerja profesionalnya. 
  2.    Meningkatnya kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran yang terarah  dan  profesionalisme secara berkelanjutan. 
  3.      Terbukanya wawasan guru ihwal kurikulum 2013 
  4.      Sekolah dilingkungan Gugus V Kecamatan Munjul siap Menerapkan kurikulum 2013 
  BAB II
  KEGIATAN IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013
  A.    Program Kegiatan
  1.      Mengenal Struktur Kurikulum, anatara laian
  a.       Mengkaji dasar pemikiran dan rancangan kurikulum 2013 (permasalahan dan penyelesaian)
  b.      Usulan rancangan kurikulum
  c.       Komponen-komponen alternatif dalam rancangan kurikulum 2013
  2.      Elemen perubahan dalam kurikulum 2013
  a.     Pembahasan mata pelajaran
  b.    Tematik integratif
  3.      Kompetensi Inti dan kompetensi dasar
 - Hubungan mata pelajaran dalam tematik integratif
- Pemabasan IPA-IPS Yang disatukan kedalama bahasa Indonesia
 4.      Penerapan Kurikulum dalam pembelajaran
 - Silabus
- Rencana pelaksanaan pembelajaran
- Buku Tematik Integratif
- Raport Kurikulum 2013
 B.   Maksud Dan Tujuan
  1. Memberikan pengetahuan  mengenai dasar-dasar kurikulum sehingga guru sanggup meningkatkan produktivitas kerja di sekolah.
  2. Memberikan kecakapan dan pengertian gres mengenai perubahan kurikulum untuk peningkatan pembelajaran.
  3.      Menerapkan Kurikulum 2013 dalam pembelajaran di sekolah
  C.       Materi Pelatihan 
 |  Modul |  Durasi   waktu | 
|  Kebikajakan DEPDIKNAS |  2 Jam | 
|  Dasar pemikiran dan   rancangan kurikulum 2013 (permasalahan dan penyelesaian) |  4 Jam | 
|  Usulan rancangan   kurikulum |  2 Jam | 
|  Komponen-komponen   alternatif dalam rancangan kurikulum 2013 |  4 Jam | 
|  Elemen perubahan dalam kurikulum 2013 | |
|  Pembahasan mata pelajaran |  4 Jam | 
|  Tematik integratif |  2 Jam | 
|  Kompetensi Inti dan kompetensi dasar | |
|  Hubungan mata pelajaran dalam tematik   integratif |  4 Jam | 
|  Pemabasan IPA-IPS Yang disatukan kedalama   bahasa Indonesia |  4 Jam | 
|  Penerapan Kurikulum dalam pembelajaran | |
|  Silabus |  4 Jam | 
|  Rencana pelaksanaan pembelajaran |  4 Jam | 
|  Buku Tematik Integratif |  4 Jam | 
|  Raport Kurikulum 2013 |  4 Jam | 
 D.    Model Pelatihan
  Pelatihan ini akan memakai model TOT, dimana guru yang dilatih akan menjadi Trainer yang mempunyai kewajiban untuk melatih rekan guru yang lain yang berada di lingkungan sekolah masing-masing 
  E.   Target Guru 
  Untuk guru SD  baik guru kelas rendah, guru kelas tinggi maupun guru  mata pelajaran. Untuk Trainer dibutuhkan guru sudah dianggap remaja biar bisa memperlihatkan pembinaan pada guru di sekolah masing-masing 
  F.   Durasi Pelatihan
  Pelatihan ini mempuyai durasi 42 jam sesuai dengan kebutuhan penerima dalam memahami materi Kurikulum, ditambah dengan materi ihwal Model Pembinaan Profesionalisme Guru Berkelanjutan
  G. Metode Pelaksanaan Pelatihan
  Untuk pembinaan trainer: 
  Pelatihan dilakukan dalam 6 hari berturut-turut dengan Fasilitator dari LPMP Banten atau dari Dinas kabupaten Pandeglang  bertempat di SD Negeri Cibitung 1 Kecamatan Munjul
  Untuk kegiatan Berkelanjutan : 
  Pelatihan sanggup dilakukan dengan banyak sekali cara tergantung  pada situasi dan kondisi setempat. Pelatihan bisa dilakukan  pada kegiatan rutin KKG selama 16 kali Pertemuan
  .
  Jadwal Pelaksanaan 
 |  No |  Kegiatan |  Waktu | 
|  1 |  Persiapan penyusunan proposal  |  22-24 Juli 2013 | 
|  2 |  Pelaksanaan kegiatan Tot Implementasi Kurikulum 2013 |  2-7 September 2013 | 
|  4 |  Imbas dan Desiminasi |  11 September 2013 | 
|  5 |  Pelaporan Kegiatan |  25 September 2013 | 
 BAB III
  RENCANA ANGARAN
  A.      Rancangan Anggaran Biaya 
  Kegiatan Tot Implementasi Kurikulum 2013 ini direncanakan memerlukan biaya sebesar Rp. 28.000.000,- (Dua Puluh Delapan Juta Rupiah) meliputi, kegiatan persiapan, Pelatihan Desiminasi dan Pelaporan
 B. Rincian Rencana Anggaran Biaya
|  No |  Uraian |  Vol |  Harga satuan |  Jumlah | |||||
|  A. |  PERSIAPAN |  1.500.000 | |||||||
|  1 |  ATK |  1 |  Keg |  600.000 |  600.000 | ||||
|  2 |  Transportasi Penyerahan Proposal |  3 |  Org  |  3 |  hr |  9 |  OH |  100.000 |  900.000 | 
|  B. |  PELATIHAN | ||||||||
|  1 |  Honor Fasilitator |  1 |  Org  |  42 |  JP |  42 |  JP |  50.000 |  2.100.000 | 
|  2 |  Transportasi Fasilitator |  1 |  Org  |  6 |  hr |  6 |  OH |  100.000 |  600.000 | 
|  3 |  Uang Harian Fasilitator |  1 |  Org  |  6 |  hr |  6 |  OH |  300.000 |  1.800.000 | 
|  4 |  Transport Peserta |  20 |  Org  |  6 |  hr |  120 |  OH |  100.000 |  12.000.000 | 
|  5 |  Honor panitia |  3 |  Org  |  6 |  hr |  18 |  OH |  75.000 |  1.350.000 | 
|  6 |  Transport Panitia |  3 |  Org  |  6 |  hr |  18 |  OH |  100.000 |  1.800.000 | 
|  7 |  Konsumsi |  24 |  Org  |  6 |  hr |  144 |  OH |  15.000 |  2.160.000 | 
|  8 |  ATK Peserta |  20 |  Org  |  1 |  Keg  |  20 |  Keg  |  20.000 |  400.000 | 
|  9 |  ATK Kesekertariatan |  1 |  Keg |  Keg  |  1 |  Keg |  150.000 |  150.000 | |
|  C |  DESIMINASI | ||||||||
|  1 |  Honor Fasilitator |  3 |  Org  |  1 |  hr |  3 |  OH |  100.000 |  300.000 | 
|  2 |  Honor peserta |  40 |  Org  |  1 |  hr |  40 |  OH |  50.000 |  2.000.000 | 
|  3 |  Honor Panitia |  3 |  Org  |  1 |  hr |  3 |  OH |  50.000 |  150.000 | 
|  4 |  Konsumsi |  46 |  Org  |  1 |  hr |  46 |  OH |  10.000 |  460.000 | 
|  5 |  ATK Peserta |  46 |  Org  |  1 |  hr |  46 |  OH |  10.000 |  460.000 | 
|  6. |  ATK Kesekretariatan |  1 |  Keg |  1 |  OK |  100.000 |  100.000 | ||
|  D. |  PELAPORAN | ||||||||
|  1 |  ATK |  1 |  Keg |  220.000 |   220.000 | ||||
|  2 |  Transportasi PelaporanProposal |  3 |  Org  |  2 |  hr |  6 |  OH |  100.000 |      600.000 | 
|  JUMLAH |  28.000.000 | ||||||||
 BAB III
  PENUTUP
  Keberhasilan pelaksanaan kegiatan kegiatan tentunya perlu dukungan dan banyak sekali pihak. Salah satu pendukung yang paling berperan ialah pihak pemerintah. Untuk itu kami berharap kepada pemerintah melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Pandeglang biar sanggup memperlihatkan proteksi demi kemajuan KKG kami.
  Demikian Proposal ini kami ejekan dengan keinginan sanggup direalisasikan sehingga tujuan kegiatan percepatan Pemerataan Mutu Pendidikan sanggup terwujud. 
 Buat lebih berguna, kongsi:
