Pengertian Dan Ciri-Ciri Kalimat Deklaratif Dalam Bahasa Indonesia

Kalimat deklaratif yaitu salah satu jenis kalimat menurut fungsinya, di samping kalimat imperatif, kalimat interogatif, dan contoh-contoh panggilan kalimat. Kalimat yang biasa disebut kalimat kalimat pernyataan ini yaitu kalimat yang berisi pernyataan atau info ihwal suatu hal, dimana pernyataan atau info belum tentu direspon oleh penerima. Seperti jenis kalimat pada umumnya, kalimat deklaratif juga mempunyai sejumlah fitur, di mana kalimat abjad dalam bahasa Indonesia dalam kalimat akan secara khusus diucapkan dalam artikel ini. Fitur dari kalimat dekoratif yaitu sebagai berikut!

1. Bersifat Informatif

Fitur pertama yang menempel pada kalimat deklaratif yaitu sifat kalimat yang informatif atau informatif. Dengan fungsi ini, kalimat deklaratif menjadi sering berfungsi sebagai kalimat yang memungkinkan untuk memberikan info yang tidak diserahkan seseorang atau pihak kepada orang atau pihak lain.

2. Tidak Membutuhkan Jawaban atau Timbal Balik dari Orang Lain

Karena sifatnya informatif, maka kalimat ini tidak perlu atau tidak memerlukan timbal balik dan timbal balik dari orang atau pihak peserta menerima kalimat ini. Orang atau pihak yang mendapatkan kalimat ini hanya perlu mendengarkan atau mengabaikan isi kalimat ini. Sementara itu, pengirim atau pengirim kalimat ini tidak perlu khawatir ihwal tanggapan atau tanggapan dari pihak lain yang mendapatkan kalimat ini, alasannya pihak lain belum tentu membalas kalimat dekaratif yang akan disampaikan. Karena tidak membutuhkan jawaban atau timbal balik dari yang lain, kalimat deklaratif ini menjadi kalimat yang tidak memaksa. Hal ini berbeda dengan kalimat interogatif atau imperatif yang memaksa orang lain untuk menanggapi kalimat, apakah itu jawaban mulut atau tindakan nyata.

3. Berintonasi Datar atau Netral

Fitur berikutnya yang tertanam dalam kalimat deklaratif yaitu intonasi pengiriman yang datar atau netral. Tujuan dari karakteristik ini yaitu bahwa kalimat diplomasi tidak diungkapkan secara berlebihan dan pihak yang memberikan tidak berpura-pura berpihak pada kelompok tertentu.

4. Diakhiri dengan Penggunaan Tanda Titik (.)

Karakteristik terakhir yang menempel pada kalimat deklaratif yaitu penggunaan dot di selesai kalimat. Menurut halaman id.wikipedia.org, salah satu fungsi dari periode yaitu mengakhiri sebuah kalimat. Dengan demikian, titik yang ada dalam kalimat deklaratif mempunyai fungsi penutupan atau selesai dari sebuah kalimat yang sanggup diraut. Selain itu, titik dalam kalimat deklaratif itu sendiri menjadi ciri khas yang menempel pada kalimat ini, yang menciptakan kalimat ini berbeda dari jenis kalimat lain, apakah itu penting, interogatif, atau kalimat.

Dari uraian di atas, sanggup disimpulkan bahwa karakteristik kalimat deklaratif dalam bahasa Indonesia terdiri dari 4 karakteristik, di mana 4 karakteristik yang mencakup informatif, tidak memerlukan jawaban atau tanggapan orang lain, berintonasi netral atau datar, dan juga diakhiri dengan ptanda baca point. Semua sifat ini yaitu atribut dari kalimat deklaratif yang menciptakan kalimat berbeda dari jenis kalimat lainnya.

Begitulah diskusi ihwal karakteristik kalimat deklaratif dalam bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan bagi semua pembaca, baik itu ihwal kalimat deklaratif maupun bahasa Indonesia. Terima kasih.

Sumber https://www.isplbwiki.net
Buat lebih berguna, kongsi:
close