Pengertian Harga Pasar Dan Proses Terbentuknya Harga Pasar

Berbicara tentang pasar bekerjsama ada banyak hal yang harus diketahui, ada ciri-ciri pasar dan macam-macam pasar serta yang lainnya.

Pada pembahasan kali ini akan lebih fokus pada pengertian harga pasar dan proses terbentuknya harga pasar serta harga keseimbangan pasar, yang mana hal-hal ini bekerjsama masih ada hubungannya dengan permintaan dan penawaran barang dan jasa.

Pengertian Harga Pasar

Kalian telah mempelajari mengenai undangan dan penawaran. Permintaan selalu bekerjasama dengan pembeli, sedangkan penawaran bekerjasama dengan penjual.

Apabila antara penjual dan pembeli berinteraksi, maka terjadilah aktivitas jual beli. Pada ketika terjadi aktivitas jual beli di pasar, antara penjual dan pembeli akan melaksanakan tawar-menawar untuk mencapai janji harga.

Pembeli selalu menginginkan harga yang murah, biar dengan uang yang dimilikinya sanggup memperoleh barang yang banyak.

Sebaliknya, penjual menginginkan harga tinggi, dengan impian dia sanggup memperoleh laba yang banyak.

Perbedaan itulah yang sanggup mengakibatkan tawar-menawar harga. Harga yang telah disepakati oleh kedua belah pihak disebut harga pasar.

Pada harga tersebut jumlah barang yang ditawarkan sama dengan jumlah barang yang diminta. Dengan demikian harga pasar disebut juga harga keseimbangan (ekuilibrium).

Terdapat tiga cara yang sanggup dipakai untuk memperlihatkan keadaan keseimbangan pasar, yaitu dengan pola yang memakai angka, dengan memakai kurva permintaan dan penawaran, dan memilih secara matematik.

Proses Terbentuknya Harga Pasar

Faktor terpenting dalam pembentukan harga yaitu kekuatan undangan dan penawaran. Permintaan dan penawaran akan berada dalam keseimbangan pada harga pasar kalau jumlah yang diminta sama dengan jumlah yang ditawarkan.

Untuk lebih jelasnya perhatikan Tabel di bawah ini mengenai daftar undangan dan penawaran buah jeruk.
 bekerjsama ada banyak hal yang harus diketahui Pengertian Harga Pasar dan Proses Terbentuknya Harga Pasar
Tabel: Contoh undangan dan Penawaran buah jeruk

Pada tabel di atas, harga keseimbangan terjadi pada harga Rp5.250,00. Pada harga tersebut jumlah barang yang ditawarkan sama dengan jumlah barang yang diminta yaitu sebesar 350 kg.

Jumlah jeruk 350 kg disebut jumlah keseimbangan. Agar kalian lebih terperinci memahami harga keseimbangan perhatikan grafik di bawah ini.
 bekerjsama ada banyak hal yang harus diketahui Pengertian Harga Pasar dan Proses Terbentuknya Harga Pasar
Harga keseimbangan

Pada kurva di atas, titik keseimbangan pasar terjadi pada titik E (ekuilibrium), di mana pada harga Rp5.250,00, jumlah barangbarang yang diminta sama dengan jumlah barang yang ditawarkan yaitu sebesar 350 kg.

Harga sebesar Rp5.250,00 disebut harga keseimbangan, sedangkan jumlah jeruk 350 kg disebut sebagai jumlah keseimbangan.

Apabila pada tingkat harga Rp6.000,00 penjual mengatakan jeruknya sebanyak 500 kg, sedangkan pembeli hanya membutuhkan jeruk sebanyak 200 kg, apa yang akan terjadi?

Tentunya penjual akan terjadi kelebihan penawaran (surplus) sebanyak 300 kg jeruk (500 kg – 200 kg). Begitu juga pada tingkat harga Rp5.500,00 dan Rp5.750,00, penjual akan mengalami kelebihan jumlah jeruk yang dijual.

Berbeda halnya pada ketika tingkat harga Rp4.500,00, jumlah jeruk yang ingin dibeli sebanyak 500 kg, namun penjual hanya menjual jeruknya sebanyak 200 kg. Dengan demikian undangan sebanyak 300 kg jeruk tidak sanggup terpenuhi oleh penjual.

Apabila di pasar jumlah undangan lebih banyak dari pada jumlah penawaran maka akan terjadi kelebihan undangan atau disebut juga shortage.

Berdasarkan uraian di atas sanggup disimpulkan bahwa proses terbentuknya harga pasar kalau terdapat hal-hal berikut ini.

a. Antara penjual dan pembeli terjadi tawar-menawar.

b. Adanya janji harga ketika jumlah barang yang diminta sama dengan jumlah barang yang ditawarkan.

Kebijaksanaan harga maksimum menimbulkan terjadinya kelebihan permintaan. Hal ini sanggup membuat pasar gelap, yaitu aktivitas jual beli yang dilakukan tidak secara terbuka dan bertentangan dengan kebijakan harga maksimum yang dilaksanakan.
Sumber https://www.berpendidikan.com
Buat lebih berguna, kongsi:
close