Cara Budidaya Buah Duku Berpotensi Meraih Laba Besar

Cara Budidaya Buah Duku Berpotensi Meraih Keuntungan Besar - Duku merupakan salah satu buah yang orisinil Indonesia, rata-rata hampir semua wilayah di nusantara mempunyai pohon duku yang tersebar secara merata. Untuk buah duku ini memliki tiga jenis yang paling banyak ditanam oleh masyarakat Indonesia yakni duku komering, duku metesih dan juga duku condet. Buah duku ini selain mempunyai rasanya yang begitu segar duku ini juga dipakai untuk mengobati dalam banyak sekali macam penyakit. Untuk kulit dan biji duku ini dipakai sebagai obat diare dan demam, sedangkan pada kepingan kulit kayunya sanggup dipakai untuk menyembuhkan disentri. Untuk kayu pohon duku ini juga sering dimanfaatkan sebagai perabotan rumah tangga.

Cara Budidaya Buah Duku Berpotensi Meraih Keuntungan Besar Cara Budidaya Buah Duku Berpotensi Meraih Keuntungan Besar

Nah berikut ini tahapan dalam membudidayakan tumbuhan buah duku, untuk lebih jelasnya simak ulasannya dibawah ini.

Pembibitan

Dalam budidaya duku yaitu salah satu bisnis yang potensial, cara budidaya duku juga tidak begitu sulit. Dalam menanam duku yang perlu diperhatikan yaitu kualitas bibit. Dipastikan bahwa bibit yang ditanam mempunyai kualitas yang baik dan anggun menyerupai bebas penyakit, bersifat genjah dan cepat tumbuh.

Untuk cara tanam pohon duku sanggup dilakukan secara generatif yang melalui biji dan vegetatif yang melalui stek atau cangkok. Dalam penanaman duku yang dilakukan kini lebih banyak dilakukan dari hasil generatif. Biasanya biji duku jatuh dan tumbuh sendiri di bawah pohon dewasa. Untuk tingkat keberhasilan dalam pertumbuhan generatif cenderung lebih besar dari vegetatif meskipun dengan waktu yang lebih lama. Untuk flora hasil vegetatif biasanya lebih gampang mati.

Proses Pengolahan Lahan

Dalam teknik budidaya duku dilakukan dengan pengolahan lahan yang baik. Duku akan sanggup tumbuh dengan maksimal bila ditanam di lahan dengan tingakat pH sebesar 6-7. Jika kondisi pH tidak sesuai dengan persyaratan tumbuh duku, maka dilakukan proses pengapuran. Untuk proses ini sanggup dilakukan dengan cara penyiraman disekitar area lahan. Lahan juga harus mempunyai materi organik dan airase tanah yang baik. Persiapan lahan dilakukan pada demam isu kering sedangkan penanaman dilakukan di demam isu hujan.
Teknik Penanaman

Untuk tahap selanjutnya yakni penanaman dalam tahap ini yang perlu dilakukan yaitu :
  • Jarak tanam untuk masing-masing bibit bervariasi mulai dari 7×8 m, 8×9 m, dan 9×10 m. dipastikan bila masing-masing bibit mempunyai jarak yang cukup luas biar tidak menyulitkan pertumbuhan di kemudian hari.
  • Membuat lubang tanam, lakukan pelubangan sekitar 1-2 bulan sebelum bibit mulai ditanam. Ukuran lubang yang direkomendasikan untuk bibit duku yaitu 0,8 x 0,8 x 0,7 m. Bila duku yang ditanam berasal dari biji, maka lubang tanam dibentuk lebih dalam. Sedangkan bila duku berasal dari cangkok/stek maka lubang dibentuk lebih lebar dan luas. dalam cara menanam bibit yang baik yakni dilakukan ketika kondisi tanah sedang basah.

Pemeliharaan Tanaman
Dalam hal ini ada 4 tahap dalam memelihara tumbuhan duku yakni dengan penyulaman, penyiangan, pemupukan dan pengairan. Penyulaman yaitu perawatan tumbuhan pokok dengan mengganti tumbuhan yang rusak atau mati dengan yang gres sedangkan penyiangan dilakukan dengan cara membersihkan tumbuhan pengganggu yang tidak dikehendaki.

Panen
Biasanya pada tumbuhan buah duku ini akan mulai berbunga pada bulan September hingga oktober kemudian memasuki masa panen pada bulan februari dan maret. Untuk penyerbukan bunga dilakukan melalui lebih maupun serangga lainnya. Waktu panen untuk buah duku berbeda-beda di tiap daerah. Ada kawasan yang menghasilkan panen buah duku-langsat dua kali dalam setahun.

Dalam cara panen pada buah duku dilakukan dengan memotong tandan buah dengan pisau atau gunting pangkas. Diusahakan proses pemotongan jangan hingga melukai kepingan batang tempat menempelnya gagang tandan. Hal ini disebabkan lantaran kawasan ini yaitu kawasan munculnya perbungaaan selanjutnya. Lebih baik gunakan tangga untuk memanjat pohon dari pada memanjat eksklusif dibatang pohon. Hal ini untuk menghindari adanya kerusakan pada kuncup bunga, lakukan pemetikan hanya pada buah yang sudah matang.

Demikianlah klarifikasi artikel yang berjudul wacana Cara Budidaya Buah Duku Berpotensi Meraih Keuntungan Besar. Semoga sanggup bermanfaat.
Sumber https://www.sekolahpendidikan.com
Buat lebih berguna, kongsi:
close